Alternatif Diam Tafakkur

Sabda Nabi SAW : “ Barangsiapa yang beriman kepada Allah SWT dan Hari Kiamat, maka hendaklah berkata yang baik atau (kalau tidak) diamlah” (HR. Bukhari)
Hadist tersebut menganjurkan kepada ummat yang beriman kepada Allah SWT dan Hari Akhir, agar berkata yang lembut dan sejuk dan bila tidak maka hendaklah diam, maksudnya janganlah bicara.

Dengan diam, kita belajar menyaring kata, menakar ucapan dan menyampaikan kata sesuai porsi dan keperluannya, dan sekiranya kita harus juga mengeluarkan kata-kata maka sebaiknya sederet kalimat yang kita ucapkan telah disaring menjadi sebuah ungkapan yang benar-benar berfaedah dan bermanfaat bagi sesama, begitu pula dalam bersenda gurau. Dengan cara ini, kita tidak hanya menjadi penutur yang baik, tapi juga pendengar yang baik.

Sebuah ungkapan “Lidah itu lebih tajam dari ujung pedang”, barangkali sebuah ujung pedang belumlah memadai untuk melukiskan betapa perihnya sebuah luka akibat tusukan lidah. Maklumlah karena lidah tidak bertulang, demikian ungkapan zaman baheula.

Begitulah betapa tutur kata yang keluar dari sepotong lidah bisa lebih menyakitkan ketimbang benda-benda tajam lainnya. Ia bukan sekedar sebaris kalimat yang meuncur dari mulut kita, lalu hilang begitu saja bersama angin.

Tetapi juga sederet makna dan pesan yang bisa ditangkap oleh setiap orang dengan segala tafsirnya, dan kemudian ia menyelinap kedalam sanubari sang pendengar. Dengan demikian ada yang mendengar menjadi terluka karena kata-kata yang kita sampaikan tetapi ada pula yang merasa dibahagiakan.

Persoalannya kita tidak tahu, apakah kata yang kita ucapkan itu menyakitkan atau meneduhkan. Kata-kata itu keluar begitu saja, entah dalam perbincangan sehari-hari, diskusi atau pun dalam sekedar senda gurau belaka.

Bagi kita yang bertutur mungkin tidak menjadi masalah namun belum tentu bagi orang yang mendengar. Bagi mereka, sejumlah kata yang melukai akan memiliki pengaruh yang luar biasa.
Mulai dari orang yang menerimanya dengan tangis, merasa terhina, rasa marah serta dendam hingga sampai kepada pembunuhan sekalipun.

Demikianlah bahwa kejahatan lidah lebih berbisa dari sekedar bisa ular dan ia bahkan menjadi tempat segala keburukan bermuara.

Oleh karena itu janganlah lengah soal lidah, sebab ia bagaikan seekor hewan yang buas dan berbahaya yang mangsa pertamanya adalah pemiliknya sendiri. Tutuplah pintu omonganmu sekuat-kuatnya dan jangan membukanya kecuali jika harus membukanya.

Maka dengan demikian kita bisa menjadi penutur yang baik dan jika tidak maka bersiaplah memasuki pintu neraka.
Sumber: muslimdanislam.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
SEPUTAR INFO EDUKASI & MATERI AJAR FISIKA © 2008. Template by BloggerBuster.